Ini Deretan Sayuran yang Mengandung Vitamin B12 Tinggi

“Sumber vitamin B12 umumnya banyak diperoleh dari daging, susu dan telur. Namun, kamu juga bisa mendapatkannya lewat sayuran, salah satunya bayam.”

Tubuh membutuhkan vitamin B12 untuk pembentukan sel darah merah serta menjaga kesehatan sistem saraf. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini yaitu dengan mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan vitamin B12-nya

Kendati demikian, sebagian besar sumber vitamin ini berasal dari daging dan produk susu. Bagi seorang vegetarian, tentunya mereka tidak bisa mendapatkan vitamin ini dari sumber hewani. Meski tak banyak, ternyata masih ada sayuran yang mengandung vitamin ini.

Sayuran yang Mengandung Vitamin B12

Berikut jenis sayuran yang mengandung vitamin B12:

1. Nori

Salah satu asupan vitamin B12 yang bisa kamu peroleh selain dari sumber hewani, yakni nori. Melansir dari Healthline, sebanyak empat gram nori kering bisa memenuhi kebutuhan asupan vitamin harian kamu. 

2. Bayam

Jenis sayuran lain yang mengandung vitamin ini adalah bayam. Sayuran ini juga mengandung nutrisi lainnya, seperti vitamin K, zat besi, hingga folat yang bisa membantu tubuh menghasilkan sel darah merah sehat. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari anemia, atau kekurangan darah.

Makanan Tinggi Vitamin B12 Lainnya

Berikut jenis makanan yang tinggi kandungan vitamin B12-nya:

1. Hati Hewan

Hati hewan, seperti sapi dan kambing, adalah sumber B12 yang cukup tinggi. Namun, hati kambing mengandung vitamin B12 lebih tinggi ketimbang hati sapi. 

2. Kerang

Selain B12, kerang mampu memenuhi kebutuhan zat besi dan antioksidan tubuh. Namun, pastikan kerang diolah dengan cara yang tepat supaya penyerapan nutrisinya maksimal. 

3. Daging Sapi

Bukan cuma bagian hatinya, daging sapi juga mengandung vitamin B12. Namun, pilih bagian daging yang lemaknya sedikit untuk mencegah kolesterol. Cara pengolahannya juga kudu tepat. Hindari menggoreng atau memanggang. Sebab, bisa menghilangkan banyak nutrisi. 

4. Tuna dan Salmon

Ikan tuna dan salmon mengandung vitamin B12, protein, omega-3 dan berbagai vitamin lainnya. 

5. Telur

Selain mengandung protein, telur juga mengandung vitamin B12, terutama pada bagian kuningnya. 

Manfaat dan Bahaya Kekurangan Vitamin B12

Selain membantu pembentukan sel darah merah dan sistem saraf, vitamin B12 juga berfungsi untuk mensintesis DNA dan memberikan energi tubuh. Supaya fungsi tersebut berjalan optimal, kamu perlu mendapatkan vitamin ini sekitar 2,4 mikrogram per harinya.

Untuk bayi berusia tujuh sampai 12 bulan, mereka hanya membutuhkan 0,5 mikrogram per hari. Sedangkan anak empat sampai delapan tahun hanya membutuhkan 1,2 mikrogram per hari. Ketika vitamin ini tidak tercukupi, seseorang berpotensi mengalami, anemia dan gangguan neurologis. Tanda-tandanya, yaitu:

  • Kerusakan saraf
  • Kelelahan
  • Kesemutan di tangan dan kaki
  • Mati rasa
  • Kelemahan
  • Penglihatan kabur
  • Demam
  • Keringat berlebih
  • Kesulitan berjalan
  • Masalah pencernaan
  • Lidah sakit

Segera temui dokter apabila mengalami tanda-tanda tersebut. Dokter biasanya merekomendasikan suplementasi vitamin B12 untuk menangani masalah ini. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2024. Vitamin B12 Foods for Vegetarians.
Star Health. Diakses pada 2024. Vitamin B12-rich fruits and vegetables.
https://www.halodoc.com/artikel/ini-deretan-sayuran-yang-mengandung-vitamin-b12-tinggi
0 Komentar

Informasi Jam Besuk

Siang :
Jam 11.00 - 13.00 WIB

Sore :
Jam 17.00 - 20.00 WIB

Peringatan :
Anak dibawah 12 Tahun dilarang masuk ke ruang perawatan

Kontak