Ketahui 4 Tips Menjaga Pola Makan Sehat saat Lebaran

Ketahui 4 Tips Menjaga Pola Makan Sehat saat Lebaran

“Mempertahankan pola makan sehat saat merayakan hari Lebaran tetap penting untuk dilakukan agar terhindar dari berbagai macam penyakit.”

Merayakan hari kemenangan atau Lebaran adalah momen yang seluruh muslim di dunia tunggu-tunggu setelah berpuasa selama satu bulan penuh. Biasanya, momen ini juga menjadi waktu yang tepat bersilaturahmi dengan keluarga. 

Kegiatan wajib saat bersilaturahmi ke tempat keluarga, pasti akan semakin lengkap dengan hidangan khas Lebaran. Namun, kamu tetap harus memerhatikan dan mempertahankan pola makan sehat saat lebaran agar terhindar dari segala macam penyakit setelahnya.

Tips Menjaga Pola Makan Sehat saat Lebaran

Berikut ini tips agar kamu tetap sehat setelah menikmati jamuan makan pada saat hari Lebaran:

1. Hindari lapar mata

Persediaan makanan pasti sangat berlimpah saat lebaran. Mulai dari camilan hingga makanan berat akan tersaji di depan mata.

Nah, jika sudah begini, sangat mudah untuk merasa lapar mata karena melihat hidangan lezat. Meskipun perutmu tidak akan bisa makan dalam jumlah banyak, pada saat itu rasanya kamu bisa mencoba semuanya.

Ini adalah hal yang harus kamu hindari jika mau pola makan sehat saat lebaran. Pilih beberapa makanan saja yang kiranya menjadi makanan favorit kamu saat lebaran. Kalau kamu tidak enak untuk menolak makanan, kamu bisa menikmatinya dengan porsi yang kecil-kecil atau sedikit. 

Selain itu, jangan makan satu jenis makanan dalam jumlah yang banyak. Tubuh kamu baru saja menjalani puasa selama 30 hari, jadi kemungkinan tubuh kamu mulai terbiasa dengan pola makan yang sedikit. Khawatirnya jika kamu makan berlebihan dan tidak memikirkan porsi makan, lambungmu akan kaget dan menyebabkan mag saat sedang bersilaturahmi di hari raya.

2. Batasi makanan tidak sehat

Makanan makanan bersantan dan makanan manis akan banyak tersaji di piring saat kamu merayakan Hari Raya Idulfitri. Ini adalah makanan yang bisa menjadi tidak sehat untuk tubuh jika konsumsinya terlalu banyak. Oleh karena itu, batasi jenis makanan tertentu untuk menjaga pola makan sehat saat Lebaran. 

Makanan yang bersantan mengandung lemak jenuh atau lemak tinggi yang bisa membuat kamu berisiko mengidap kolesterol tinggi. Kamu bisa mencari tahu lebih lanjut tentang Komplikasi Kesehatan saat Alami Kolesterol Tinggi.

Batasi juga makanan manis, sebab penyakit diabetes, berat badan berlebih, dan kerusakan gigi bisa mengintai kamu jika berlebihan mengonsumsi makanan manis.

3. Berhenti makan saat kenyang

Salah satu alasan berat badan cepat naik saat hari Lebaran karena kita cukup sering mengabaikan rasa kenyang yang terasa. Biasanya, saat kita sudah dalam keadaan terlalu kenyang dan mual kita baru berhenti makan. 

Nah, kamu bisa mengalihkan sinyal rasa lapar yang palsu dengan mengalihkan perhatian otak dari makanan, misalnya dengan mengobrol bersama sanak saudara. Kamu juga bisa minum banyak air putih agar tidak terus merasa lapar dan hidrasi tubuh juga akan terjaga karena kebutuhan air tercukupi.

4. Jangan lupa konsumsi sayur

Jika tersaji berbagai macam makanan, cobalah kamu perbanyak sayur pada piring kamu. Dengan begitu, kamu akan merasa kenyang dan kebutuhan serat kamu akan tercukupi. Jika sayur yang ada mengandung kuah santan, kamu bisa mengurangi kuah santannya dan perbanyak porsi sayurannya untuk kamu nikmati. Selain sehat, kamu juga akan terhindar dari penyakit kolesterol.

Referensi: 
National Institute on Aging. Diakses pada 2023. Maintaining a Healthy Weight.
HealthifyMe. Diakses pada 2023. 8 tips for a healthy Eid after a month of fasting.
https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-4-tips-menjaga-pola-makan-sehat-saat-lebaran
0 Komentar

Informasi Jam Besuk

Siang :
Jam 11.00 - 13.00 WIB

Sore :
Jam 17.00 - 20.00 WIB

Peringatan :
Anak dibawah 12 Tahun dilarang masuk ke ruang perawatan

Kontak