Awas! Penyakit Ini Sering Muncul Setelah Lebaran

Awas! Penyakit Ini Sering Muncul Setelah Lebaran

“Usai merayakan hari kemenangan, tetap utamakan kesehatan tubuh masing-masing agar terhindar dari segala penyakit yang rentan terjadi setelah hari Lebaran.”

Lebaran adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Setelah sebulan penuh berpuasa, maka tiba saatnya untuk merayakan kemenangan dengan keluarga, kerabat, dan teman-teman. Namun, acara bersuka cita ini bisa menjadi bumerang bagi kesehatan kamu jika tidak dijaga dengan baik. 

Alangkah baiknya, kamu dapat memeriksakan kesehatan kamu setelah Lebaran sebagai deteksi dini. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait dengan hal tersebut, kamu dapat membaca artikel mengenai Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan Setelah Lebaran.

Penyakit yang Sering Terjadi Saat Lebaran

Berikut adalah enam penyakit yang sering muncul setelah Lebaran dan bagaimana cara menghindarinya:

1. Penyakit lambung

Makanan lezat yang disajikan selama Lebaran seringkali membuat kita makan berlebihan. Hal ini bisa memicu gangguan pada saluran pencernaan, seperti asam lambung naik atau gastritis.

Agar menghindari hal ini, sebaiknya batasi jumlah makanan yang Anda makan setiap hari. Makanlah dalam porsi kecil tapi sering, dan hindari makanan pedas, asam, dan berlemak.

2. Flu atau pilek

Banyaknya orang yang berkumpul di satu tempat saat Lebaran bisa memicu penyebaran virus flu dan pilek. Hindari berjabat tangan dan menggunakan peralatan makan yang sama dengan orang lain.

Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan serta setelah berinteraksi dengan orang lain.

3. Dehidrasi

Dehidrasi sering terjadi pada saat Lebaran, terutama jika kamu lupa untuk minum air putih yang cukup. Perbanyak minum air putih, hindari minuman bersoda dan beralkohol, dan konsumsi buah-buahan yang mengandung air seperti semangka dan melon.

4. Sakit kepala

Stres yang timbul selama persiapan Lebaran bisa membuat kepala kita sakit. Jangan lupa untuk beristirahat dan tidur yang cukup, hindari stres berlebihan, dan lakukan relaksasi dengan teknik meditasi atau yoga.

5. Kadar Kolesterol dan Gula Darah Meningkat

Kondisi ini terjadi ketika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan berlemak. Karena makanan tersebut dapat meningkatkan kolesterol dan gula darah dalam darah yang meningkatkan risiko terkena diabetes. 

Kamu harus berhati-hati, kolesterol tinggi juga bisa menyebabkan nyeri pada dada atau lengan. Ini biasanya terjadi ketika kamu sedang stres atau melakukan aktivitas fisik yang berat. 

6. Kenaikan berat badan

Kenaikan berat badan seringkali terjadi setelah Lebaran karena kita makan berlebihan dan kurang beraktivitas. Sebaiknya atur pola makan dan olahraga yang sehat, dan hindari makanan yang mengandung gula dan lemak yang tinggi.

Langkah Pencegahan Terserang Penyakit setelah Lebaran

Beberapa langkah pencegahan yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari berbagai penyakit setelah Lebaran, seperti:

  • Cuci tangan dengan baik

Kamu dapat mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi, sebelum menyiapkan atau makan makanan, dan setelah berkebun atau tugas kotor lainnya.

Kamu juga harus mencuci tangang setelah membuang ingus, batuk, atau bersin; memberi makan atau membelai hewan peliharaan; atau mengunjungi atau merawat orang sakit. 

Mencuci tangan dengan membasahi seluruh tangan dengan air, kemudian menggunakan sabun atau pembersih dan menggosokannya ke telapak tangan dan punggung tangan serta pergelangan tangan. Kemudian bilas dengan air mengalir.

  • Tutupi mulut dan hidung dengan tisu saat bersin atau batuk, lalu buang. Jika tidak ada tisu, batuk atau bersin ke siku daripada ke tangan.
  • Cuci dan balut semua luka. Setiap luka serius atau gigitan hewan atau manusia harus diperiksa oleh dokter.
  • Jangan mencungkil luka atau noda yang sedang sembuh, atau memencet jerawat.
  • Jangan berbagi piring, gelas, atau peralatan makan.
  • Hindari kontak langsung dengan serbet, tisu, sapu tangan, atau barang serupa yang digunakan orang lain.

Referensi:
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2023. How to prevent infections.
Healthline. Diakses pada 2023. The Science of Why You Get Sick During the Holidays.
Health Magazine. Diakses pada 2023. What are the 20 most common diseases?
https://www.halodoc.com/artikel/awas-6-penyakit-ini-sering-muncul-setelah-lebaran-1
0 Komentar

Informasi Jam Besuk

Siang :
Jam 11.00 - 13.00 WIB

Sore :
Jam 17.00 - 20.00 WIB

Peringatan :
Anak dibawah 12 Tahun dilarang masuk ke ruang perawatan

Kontak