Kebiasaan Tak Sehat saat Ibadah Puasa

Kebiasaan Tak Sehat saat Ibadah Puasa

“Puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh jika dilakukan dengan benar. Namun, terkadang ada beberapa kebiasaan tidak sehat yang seseorang lakukan yang dapat menghilangkan manfaat puasa.”

Puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang telah terbukti secara ilmiah. Puasa bisa menjadi cara untuk menurunkan berat badan, membantu melancarkan metabolisme tubuh, dan juga mengurangi risiko berbagai penyakit. 

Meskipun begitu, puasa tetap harus kamu lakukan dengan benar agar manfaatnya bisa terasa. Bahkan, jika puasa kamu lakukan secara sembarangan, kebiasaan tidak sehat saat puasa bisa menghilangkan manfaat puasa terhadap kesehatan, lho. Lantas, apa saja sih kebiasaan tidak sehat saat puasa?

Kebiasaan Tidak Sehat saat Puasa

Ada beberapa kebiasaan tertentu saat puasa yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan yang kamu harus tahu dan hindari.

1. Melewatkan sahur

Selama berpuasa, kamu tidak akan mengonsumsi makanan dan minuman apapun dalam periode waktu tertentu. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu sahur sebelum mulai berpuasa agar tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup hingga waktu berbuka. Jika tidak, kamu akan rentan mengalami keluhan seperti dehidrasi, bau mulut, mudah lelah, cepat merasa lapar, hingga masalah pencernaan. 

2. Langsung tidur setelah sahur

Hal yang harus kamu hindari adalah tidur setelah sahur. Ketika kamu melakukan hal ini, seluruh oksigen akan berpindah ke lambung dan mengganggu kinerja lambung dalam mencerna makanan. 

Selain itu, jumlah oksigen di dalam otak juga akan berkurang dan makanan yang belum tercerna secara optimal akan berbalik dari lambung ke kerongkongan. Akibatnya, kamu rentan mengalami gangguan pencernaan dan penyakit seperti stroke, maag, hingga refluks asam lambung (GERD).

3. Makan terlalu banyak saat berbuka

Saat berbuka, sebaiknya kamu tidak langsung makan besar ataupun makan dalam jumlah yang terlalu banyak. Ini karena selama lebih dari 12 jam perut dalam keadaan kosong, sehingga bukanlah hal yang baik jika perut langsung harus bekerja keras untuk mencerna makanan dalam jumlah banyak saat berbuka. 

Waktu ideal untuk makan besar saat puasa adalah selepas melaksanakan salat tarawih. Untuk mengembalikan energi dan memberi nutrisi pada tubuh, kamu cukup mengonsumsi makanan ringan yang bisa mengembalikan energi seperti buah kurma, kolak, es buah, atau makanan pembuka lainnya. 

4. Konsumsi makanan yang kurang sehat

Ada beberapa jenis makanan yang tidak sebaiknya tidak kamu konsumsi selama berpuasa. Contohnya makanannya antara lain:

  • Memiliki kandungan lemak tinggi.
  • Makanan berminyak seperti gorengan.
  • Makanan yang terlalu manis.
  • Mengandung kadar sodium tinggi.

Bahan makanan ini perlu kamu hindari karena konsumsi terus-menerus bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan mengganggu pencernaan tubuh. Makanan yang terlalu manis atau asin bisa meningkatkan asam lambung. Selain itu, makanan berlemak bisa memicu penumpukan lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh. 

5. Minum minuman berkafein

Sebisa mungkin, hindari konsumsi minuman berkafein seperti teh dan kopi saat puasa. Minuman yang mengandung kafein dapat menimbulkan efek diuretin, yaitu efek yang bisa memicu keinginan buang air kecil dan membuat kamu cepat haus. Hal ini akan berdampak buruk ketika puasa karena kamu harus menjaga cairan tubuh untuk waktu lama.

Kafein juga bisa mengiritasi dinding lambung dan meningkatkan produksi asam lambung.  Oleh karena itu, pengidap maag sebaiknya tidak mengonsumsi kafein saat sahur maupun berbuka. Jika kamu tetap ingin minum kopi, kamu bisa mengonsumsi satu gelas kopi saat sahur, minum kopi saat dua jam setelah berbuka. Selain itu, kamu harus tetap mengimbangi asupan kafein dengan memperbanyak minum air putih.

Itulah lima kebiasaan tidak sehat saat puasa untuk kamu hindari. Kamu bisa mengetahui lebih lanjut tentang Tips Sehat Puasa Mulai dari Sahur Hingga Berbuka agar tubuh bisa tetap fit saat puasa.

Referensi: 
WTOP. Diakses pada 2023.Do’s and don’ts of intermittent fasting
MayoClinic. Diakses pada 2023. Nutrition and healthy eating
Verywell Health. Diakses pada 2023. How Long to Wait Between Eating and Bed
https://www.halodoc.com/artikel/catat-ini-kebiasaan-tak-sehat-saat-ibadah-puasa
0 Komentar

Informasi Jam Besuk

Siang :
Jam 11.00 - 13.00 WIB

Sore :
Jam 17.00 - 20.00 WIB

Peringatan :
Anak dibawah 12 Tahun dilarang masuk ke ruang perawatan

Kontak