Cara Sederhana Redakan Nyeri Haid Tak Tertahankan

Cara Sederhana Redakan Nyeri Haid Tak Tertahankan

“Pada saat menstruasi, rasa nyeri bisa terjadi pada perut karena adanya kontraksi pada otot-otot di rahim akibat perubahan level hormon. Pada orang tertentu, nyeri haid bisa terasa dalam intensitas tinggi dan harus diberikan beberapa penangan alami.”

Menstruasi bagi beberapa orang bisa mendatangkan rasa nyeri. Nyeri haid ini bisa terjadi karena kontraksi pada otot-otot di rahim karena perubahan level hormon dalam tubuh. Bagi orang-orang tertentu, nyeri haid hanya terjadi sesaat dan dalam skala ringan. Sayangnya, tidak semua merasakan hal ini.

Sebagian wanita bisa mengalami nyeri haid yang interns dan tak tertahankan sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Kalau kamu merupakan salah satunya, jangan khawatir. Ada beberapa cara sederhana untuk kamu yang sering mengalami rasa nyeri berkepanjangan ketika menstruasi berikut ini!

Cara Mudah Meredakan Nyeri Haid

Bagi wanita yang mengalami nyeri atau kram saat menstruasi, ada beberapa cara mudah dan simpel untuk mengurangi intensitasnya, yaitu:

1. Kompres air hangat

Rasa hangat bisa mendorong peredaran darah yang lebih lancar. Mengompres bagian abdomen dengan air hangat juga bisa membuat otot rahim lebih rileks. 

Untuk melakukan cara ini, kamu hanya perlu menyiapkan baskom berisi air hangat dan handuk kecil. Kalau kamu ingin cara yang lebih praktis, kini juga tersedia kompres hangat elektrik yang dapat kamu pakai berulang kali. 

2. Olahraga ringan

Meskipun kamu tidak ingin melakukan pergerakan apapun ketika merasakan nyeri haid, melakukan olahraga ringan ternyata manjur untuk mengurangi sakit pada perut. Olahraga adalah pereda rasa nyeri natural karena menstimulasi hormon endorfin yang bisa menghambat rasa nyeri.

Olahraga yang kamu lakukan tidak perlu lama dan intens. Kamu bisa berjalan, bersepeda, atau olahraga aerobik dengan intensitas rendah hingga menengah. Melakukan olahraga ringan secara rutin juga bisa mengurangi kemungkinan munculnya nyeri saat menstruasi.

3. Melakukan yoga

Selain olahraga yang mengeluarkan keringat, yoga juga bisa bekerja sebagai pereda sakit. Yoga memiliki komponen fisik yang bisa meregangkan otot-otot tubuh.

Terlebih dari itu, yoga juga memiliki komponen relaksasi seperti teknik pernapasan dan meditasi. Relaksasi ini dapat mengurangi stres yang baik untuk pengurangan rasa nyeri. Kamu bisa mencari tahu seputar Gerakan Yoga yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah.

4. Memijat bagian bawah perut

Memberi sedikit tekanan pada perut bisa mengurangi sakit perut saat menstruasi. Memijat bagian abdomen dengan gerakan memutar terbukti cukup efektif untuk melemaskan otot perut dan rahim. Selain itu, pijatan juga berpotensi mengurangi kram perut. 

Sebagai tambahan, kamu juga bisa memijat perut dengan bantuan essential oil atau minyak atsiri. Essential oil bisa menambah aspek relaksasi dari wanginya. Beberapa jenis minyak atsiri yang bisa kamu gunakan adalah lavender, mawar, kayu manis, daun saga, dan cengkeh.

5. Mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi

Kamu juga perlu menjaga pola makan saat menstruasi. Bahan pangan jenis tertentu memiliki fungsi anti-inflamasi yang bisa mengurangi nyeri haid. Contohnya adalah buah beri, alpukat, ikan berlemak, dan beberapa jenis teh seperti chamomile atau jahe. 

Selain itu, kamu juga perlu mengonsumsi vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Makanan yang mengandung B1 dan magnesium bisa mengurangi nyeri, inflamasi, dan juga memperlancar peredaran darah.

Contoh makanan yang mengandung vitamin ini adalah:

  • Gandum.
  • Kacang dan biji-bijian.
  • Kembang kol.
  • Bayam.
  • Tomat.

6. Tidak mengonsumsi kafein

Kafein bisa menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah. Pada saat menstruasi, kafein bisa membatasi ruang di uterus dan membuat nyeri semakin parah. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi kopi selama haid. 

Jika kamu ingin tetap mengonsumsinya, sangat lebih baik kalau kamu minum kopi tanpa kafein. Kamu juga bisa menjaga pola makanan tinggi protein atau olahraga ringan untuk menjadi substitusi energi yang berasal dari kopi. 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2023. How to Get Rid of Period Cramps: 14 Remedies to Try.
NHS. Diakses pada 2023. Period pain.
Mayoclinic. Diakses pada 2023. Menstrual cramps.
https://www.halodoc.com/artikel/cara-sederhana-redakan-nyeri-haid-tak-tertahankan
0 Komentar

Informasi Jam Besuk

Siang :
Jam 11.00 - 13.00 WIB

Sore :
Jam 17.00 - 20.00 WIB

Peringatan :
Anak dibawah 12 Tahun dilarang masuk ke ruang perawatan

Kontak