Tak Hanya Baik untuk Kulit, Ini Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan

“Karena kaya akan nutrisi, manfaat bengkuang bagi kesehatan pun cukup banyak. Termasuk menyehatkan pencernaan dan menjaga kadar gula darah.”

Bengkuang adalah sayuran akar bertepung yang mirip dengan kentang atau lobak. Ini memiliki rasa sedikit manis, tetapi rendah gula. Menjadikannya pilihan karbohidrat yang baik untuk pengidap diabetes dan orang yang sedang diet rendah gula.

Sayuran akar ini sangat populer di bidang kecantikan. Kamu mungkin sering mnejumpai produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak bengkuang, bukan? 

Namun, selain dapat memberi dampak positif pada kulit, bengkuang juga punya banyak manfaat. Sebab, sayuran ini mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh.

Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan Tubuh

Bengkuang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, seperti:

1. Menyehatkan Pencernaan

Salah satu elemen terpenting yang terkandung dalam bengkuang adalah serat. Makanan dengan kandungan serat yang tinggi dapat membantu meningkatkan jumlah tinja dan melancarkan pencernaan. 

Selain itu, bengkuang mengandung jenis serat larut yang bernama inulin oligofruktosa. Ini adalah karbohidrat lembam manis yang tidak dimetabolisme menjadi gula sederhana. Artinya, bagi pengidap diabetes, bengkuang bisa menjadi cara yang bagus untuk menikmati makanan manis tanpa mengkhawatirkan fluktuasi gula darah. 

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ada sejumlah besar vitamin C yang terkandung dalam bengkuang. Vitamin C (asam askorbat) adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Karena ini merangsang sel darah putih, yang merupakan garis pertahanan utama tubuh melawan penyakit. 

3. Mengelola Tekanan Darah

Sebagai sumber potasium, bengkuang juga bermanfaat untuk mengatur tekanan darah. Ini adalah vasodilator yang dapat mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri, sehingga menurunkan tekanan pada sistem kardiovaskular. 

Selain itu, potassium juga penting untuk menjaga keseimbangan cairan yang berlawanan dengan natrium di seluruh tubuh. Hal ini akan menjaga tubuh kita tetap terhidrasi dan berfungsi dengan baik.

4. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Jumlah tembaga dan zat besi yang ada dalam bengkuang juga dapat membuatnya baik untuk menjaga kesehatan sistem peredaran darah. Kedua mineral ini merupakan elemen penting dari sel darah merah. Keduanya memungkinkan darah beroksigen mengalir ke seluruh tubuh dan dapat membantu mencegah anemia. 

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Vitamin B6 dalam bengkuang dapat menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kemampuan kognitif. Selain itu, vitamin B6 juga merupakan bagian integral dalam memecah protein menjadi asam amino, yang dapat memaksimalkan proses metabolisme dan efisiensi berbagai organ.

6. Memperkuat Tulang

Mineral yang ada dalam bengkuang, seperti mangan, magnesium, besi, dan tembaga, dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang. Ini sangat penting untuk membangun tulang baru yang kuat dan menyembuhkan segala kerusakan pada tulang yang sudah ada. 

7. Membantu Penurunan Berat Badan

Makanan rendah kalori penting bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Terutama jika makanan rendah kalori tersebut juga mengandung nutrisi dan serat yang cukup tinggi, sehingga membuat kamu merasa kenyang. 

Bengkuang hanya memiliki 35 kalori per 100 gram dan penuh dengan nutrisi, air, dan serat, yang dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Ini juga bisa menjadi camilan yang sangat baik untuk menekan keinginan ngemil, tanpa menambah berat badan atau kehilangan manfaat nutrisinya.

8. Mengontrol Kadar Gula Darah

Resistensi insulin yang merupakan penyebab utama obesitas dapat kamu kelola dengan konsumsi bengkuang sebagai bagian dari diet sehat. Mengonsumsi bengkuang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan pada akhirnya menurunkan kadar gula darah. 

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2023. What Are The Health Benefits of Jicama?
Organic Facts. Diakses pada 2023. 7 Surprising Jicama Benefits.
https://www.halodoc.com/artikel/tak-hanya-baik-untuk-kulit-ini-manfaat-bengkuang-untuk-kesehatan

0 Komentar

Lokasi

Bagaimana Layanan Kami?

Puas
Cukup Puas
Tidak Puas
Ditingkatkan lagi
Other

Informasi