Catat, Ini Manfaat Minum Air Putih Setelah Berolahraga

“Hidrasi menjadi hal yang penting untuk kamu perhatikan, terutama setelah berolahraga. Sebab, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat minum air putih setelah beraktivitas fisik yang selama ini belum banyak orang yang tahu.”

Manfaat minum air putih setelah berolahraga tidak hanya mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Ada banyak hal positif lain yang bisa kamu dapatkan. Namun, jika membicarakan hidrasi saat berolahraga, kamu harus tahu strategi yang tepat.

Jika kamu berolahraga dalam keadaan dehidrasi, kamu tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal, terutama jika kamu melakukan olahraga yang menghasilkan keringat. Pasalnya, tubuh perlu terhidrasi dengan baik untuk bisa melakukan yang terbaik.

Inilah sebabnya, kamu harus menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, mulai dari bangun tidur hingga kembali memejamkan mata. Dan berikut manfaat minum air putih setelah berolahraga, dan berapa banyak asupan harian yang sebaiknya kamu penuhi.

Manfaat Minum Air Putih Setelah Berolahraga

Minum air putih setelah berolahraga tentu saja mempunyai banyak manfaat. Berikut beberapa yang perlu kamu ketahui:

  • Mencegah terjadinya kram otot. Massa otot terdiri dari sekitar 76 persen air, jadi minum air putih setelah berolahraga dapat membantu mencegah dehidrasi. Kebiasaan baik ini juga dapat membantu mencegah kram dan memungkinkan otot tetap berkontraksi secara normal.
  • Membantu mempertahankan suhu tubuh tetap normal. Tubuh memerlukan air untuk kelancaran setiap proses dan fungsi organ. Ketika kamu memikirkan ribuan proses yang tubuh lalui setiap hari agar tetap optimal, maka manfaat minum air putih secara rutin setelah berolahraga menjadi hal yang sangat penting untuk mengatur suhu tubuh.
  • Mengurangi risiko pembengkakan. Ketika kamu tidak minum cukup air sepanjang hari, terutama setelah berolahraga, tubuh akan cenderung “bertahan” pada bentuk air apa saja pada bagian dalam untuk bertahan hidup. Itu sebabnya kamu bisa mengalami pembengkakan pada bagian kaki, betis, dan bahkan tangan saat tubuh kekurangan air.
  • Menunjang fungsi sistem pencernaan. Tubuh sebagian besar terdiri dari air yang membantu menyerap nutrisi, mencerna makanan, dan menjaga sirkulasi darah pada tingkat yang sehat. Kurangnya asupan cairan harian tubuh bisa memicu dehidrasi yang berujung pada sembelit dan kondisi kurang optimal lainnya.

Berapa Banyak Harus Minum Air Setiap Hari?

Oleh karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda dalam hal berat badan, usia, tingkat aktivitas, dan jenis kelaminnya, makan tidak ada satu rekomendasi cairan standar untuk semua orang dalam hal olahraga.

Hal paling pertama yang perlu kamu pertimbangkan saat menentukan berapa banyak air yang kamu konsumsi setelah olahraga adalah menyelaraskan dengan jumlah cairan tubuh yang hilang. 

Pasalnya, berat badan yang berkurang bukan berarti pengurangan lemak tubuh, melainkan penurunan pada cairan tubuh. Secara ideal, kamu harus mengonsumsi sebanyak 250 mililiter air dalam waktu 30 menit setelah melakukan olahraga. 

Lalu, bagi setiap 0,5 kilogram berat badan yang turun, kamu harus mengganti dengan mengonsumsi air sebanyak 450 sampai 500 mililiter. Lebih baik lagi kalau kamu minum air putih sebelum berolahraga sehingga tubuh tidak mengalami dehidrasi. 

Pedoma umumnya, sekitar 2 sampai 3 jam setelah kamu berolahraga, sebaiknya minum air sebanyak 500 sampai 600 mililiter. Sementara itu, pastikan kamu juga minum pada waktu berolahraga, setidaknya antara 200 sampai 300 mililiter untuk setiap 10 sampai 20 menit latihan. 

Referensi:
Eating Well. Diakses pada 2023. Should You Drink a Glass of Water After You Work Out? Here’s What Experts Say.
Prevention. Diakses pada 2023. The Exact Amount Of Water You Need To Drink After A Workout.
Men’s Health. Diakses pada 2023. How much water should I drink when exercising?
https://www.halodoc.com/artikel/catat-ini-manfaat-minum-air-putih-setelah-berolahraga
0 Komentar

Lokasi

Bagaimana Layanan Kami?

Puas
Cukup Puas
Tidak Puas
Ditingkatkan lagi
Other

Informasi