Jenis Vitamin Ibu Hamil yang Baik Dikonsumsi saat Trimester 1

“Ada berbagai vitamin ibu hamil trimester 1 yang perlu dipenuhi, seperti asam folat, zat besi, hingga vitamin A. Pastikan ibu memenuhi kebutuhannya setiap hari.”

Menjalani kehamilan di trimester pertama bukanlah hal yang mudah. Ada berbagai hal yang perlu ibu lakukan agar kehamilan dapat berjalan dengan baik. Selain memastikan cukup mengonsumsi cairan, ibu juga perlu memastikan kebutuhan nutrisi selama hamil terpenuhi dengan baik.

Tidak ada salahnya untuk mengetahui jenis-jenis vitamin yang perlu dikonsumsi oleh ibu hamil trimester satu. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi dengan baik sehingga tumbuh kembang bayi dalam kandungan bisa berjalan secara optimal. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Jenis Vitamin Ibu Hamil di Trimester 1

Trimester pertama kehamilan biasanya akan dihitung sejak hari pertama menstruasi terakhir hingga akhir minggu ke 12. Biasanya, kehamilan di trimester pertama dapat kamu ketahui setelah melakukan pemeriksaan mandiri menggunakan tes kehamilan di rumah.

Jika hasilnya positif, sebaiknya segera kunjungi dokter kandungan untuk memastikan kondisi kehamilan yang tengah kamu jalani. Biasanya, ada berbagai gejala yang terjadi saat hamil trimester pertama, seperti perubahan payudara, pusing, hingga kram perut.

Meskipun pada usia kehamilan ini kamu juga kerap mengalami mual dan kesulitan makan, tetapi pastikan kamu tetap mengonsumsi makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan.

Berikut jenis vitamin yang perlu kamu konsumsi selama trimester pertama, yaitu:

1. Asam folat

Asam folat menjadi salah satu nutrisi yang perlu dipenuhi oleh ibu hamil trimester pertama. Nutrisi ini berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan otak serta sumsum tulang belakang janin. 

Bahkan, asam folat juga baik dikonsumsi oleh wanita saat merencanakan kehamilan. Jadi, pastikan kamu mengonsumsi berbagai makanan sehat yang mengandung asam folat, seperti bayam, brokoli, kale, hingga kacang-kacangan. 

2. Vitamin A

Vitamin A diperlukan untuk mengoptimalkan perkembangan organ, mata, tulang bayi, perkembangan saraf, sistem pernapasan, dan sistem peredaran darah di awal kehamilan.

Kamu bisa mendapatkan kebutuhan vitamin A yang diperlukan melalui berbagai makanan sehat yang mengandung vitamin ini. Misalnya, sayuran hijau, ubi, telur, pepaya, mangga, hingga semangka.

3. Zat besi

Zat besi digunakan oleh tubuh untuk membuat sel darah merah. Saat hamil, tubuh membutuhkan lebih banyak sel darah merah untuk menunjang pertumbuhan bayi.

Kadar zat besi yang rendah membuat ibu lebih mudah kelelahan, kurang konsentrasi, dan meningkatkan risiko infeksi. Kekurangan zat besi juga memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi yang cukup vital di trimester pertama.

Kamu bisa mendapatkan zat besi dari daging hingga kacang-kacangan. Hindari mengonsumsi hati hewan saat hamil.

4. Kalsium

Tubuh tidak dapat memproduksi kalsium secara alami. Untuk itu, kamu perlu mendapatkan kalsium dari berbagai makanan sehat, seperti yoghurt, susu, tahu, kale, hingga ikan.

Terpenuhinya kalsium dalam tubuh mengoptimalkan kesehatan tulang ibu dan membantu pertumbuhan tulang pada janin. Ibu bisa bertanya langsung pada dokter mengenai jumlah kalsium yang diperlukan setiap hari.

Kelebihan kadar kalsium dalam tubuh membuat kamu mengalami beberapa efek samping, seperti perut kembung atau konstipasi.

Itulah beberapa vitamin ibu hamil trimester 1 yang perlu dipenuhi dengan baik. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan rutin ke rumah sakit untuk memastikan kondisi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan.

Referensi:
Eating Well. Diakses pada 2023. What to Eat When You’re Pregnant: First Trimester.
The American College of Obstetricians and Gynecologists. Diakses pada 2023. Nutrition During Pregnancy.
CDC. Diakses pada 2023. Folic Acid.
My Nutrition. Diakses pada 2023. Iron for Pregnant Women.
Grow by Web MD. Diakses pada 2023. Get the Calcium You Need During Pregnancy.
https://www.halodoc.com/artikel/jenis-vitamin-ibu-hamil-yang-baik-dikonsumsi-saat-trimester-1
0 Komentar

Lokasi

Bagaimana Layanan Kami?

Puas
Cukup Puas
Tidak Puas
Ditingkatkan lagi
Other

Informasi