Mencegah Dehidrasi Penting saat Alami Infeksi Astrovirus

“Diare dan gejala umum gastroenteritis lainnya seperti mual dan muntah, berisiko tinggi memicu dehidrasi. Nah, dehidrasi penting untuk dicegah sedari dini karena dapat memicu gangguan kesehatan tertentu atau memperparah gejala astrovirus.”

Astrovirus merupakan jenis virus penyebab terjadinya gastroenteritis atau diare. Virus ini ditemukan pada sejumlah jenis hewan seperti babi, sapi, burung, dan anjing. Pada kawasan beriklim tropis, infeksi astrovirus rentan terjadi pada musim hujan. 

Nah, diare yang disebabkan oleh virus ini umumnya lebih ringan jika dibandingkan dengan diare yang disebabkan oleh norovirus atau rotavirus. Selain itu, pengidap diare akibat astrovirus juga umumnya tidak membutuhkan perawatan medis. Meski begitu, penting bagi seseorang yang terinfeksi astrovirus untuk mencegah terjadinya dehidrasi. 

Pentingnya Mencegah Dehidrasi saat Terinfeksi Astrovirus

Gejala utama yang disebabkan oleh astrovirus adalah diare ringan. Meski diare ringan merupakan gejala utama infeksi astrovirus, orang yang terinfeksi juga mungkin memiliki gejala umum gastroenteritis lainnya, termasuk:

  • Mual.
  • Muntah.
  • Sakit perut.
  • Kehilangan selera makan.
  • Pegal-pegal.
  • Demam.

Gejala infeksi astrovirus biasanya ringan dan sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Di samping itu, penyakit ini dapat berlangsung hanya beberapa hari dengan risiko komplikasi kesehatan jangka panjang yang minim. Selain itu, rawat inap juga jarang diperlukan. Meski begitu, diare dan gejala umum gastroenteritis lainnya seperti mual dan muntah, berisiko tinggi memicu dehidrasi. Nah, dehidrasi penting untuk dicegah sedari dini, ketika seseorang terinfeksi astrovirus. Sebab, kondisi dehidrasi berpotensi memicu berbagai masalah kesehatan lainnya atau malah memperparah gejala infeksi astrovirus. 

Masalah Kesehatan yang Dapat Terjadi Akibat Dehidrasi

Dehidrasi secara umum dapat menyebabkan komplikasi serius, termasuk:

  • Cedera panas. Jika kamu tidak minum cukup cairan saat kehilangan banyak cairan akibat faktor tertentu, seperti diare, kamu mungkin berisiko mengalami cedera panas. Tingkat keparahan cedera panas dapat bervariasi mulai dari kram panas ringan, kelelahan akibat panas atau sengatan panas yang berpotensi mengancam jiwa.
  • Kejang. Elektrolit seperti kalium dan natrium dapat membantu membawa sinyal listrik dari sel ke sel. Jika elektrolit tidak seimbang, pesan listrik normal dapat bercampur. Kondisi ini dapat menyebabkan kontraksi otot yang tidak disengaja dan terkadang hilangnya kesadaran.
  • Syok volume darah rendah (syok hipovolemik). Ini adalah salah satu komplikasi dehidrasi yang paling serius, dan terkadang mengancam jiwa. Kondisi ini terjadi ketika volume darah rendah menyebabkan penurunan tekanan darah dan penurunan jumlah oksigen dalam tubuh.

Pengobatan Infeksi Astrovirus 

Perawatan apa pun yang diresepkan untuk gastroenteritis virus akan mendukung dan berfokus pada pengelolaan gejala. Misalnya seperti pengurangan mual atau penggantian cairan untuk dehidrasi. Namun, tidak seperti penyakit akibat infeksi virus lainnya seperti flu, obat antivirus tidak diresepkan untuk mengobati astrovirus. Selain itu, tidak ada vaksin yang dapat mencegah terjadinya infeksi ini.

Berita baiknya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan atau penyebaran astrovirus, yaitu: 

  • Mencuci tangan dengan benar menggunakan air dan sabun, terutama setelah menggunakan kamar mandi atau beraktivitas di luar ruangan. 
  • Tidak berbagi peralatan atau cangkir dengan orang lain jika kamu atau orang di sekitarmu sakit.
  • Jika merasa sedang tidak sehat, pastikan untuk beristirahat di rumah dan tidak berinteraksi dengan orang lain secara langsung. 
  • Menggunakan antiseptik atau desinfektan untuk membersihkan permukaan, terutama di kamar mandi dan dapur. 
  • Pastikan untuk memasak daging hingga benar-benar matang.
  • Jika sedang mengalami diare, penting untuk tidak menyiapkan atau mengolah makanan. 

Itulah alasan mengapa mencegah dehidrasi saat terinfeksi astrovirus adalah hal penting. Jika kamu merasakan diare yang disertai dengan gejala lain, sebaiknya segeralah periksakan kondisimu. Tujuannya tentu saja untuk memastikan diagnosis, sehingga penanganan yang tepat dapat dilakukan sedari dini. 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2023. What to Know About Viral Gastroenteritis (Stomach Flu).
Verywell Health. Diakses pada 2023. An Overview of Astrovirus. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Dehydration. 
https://www.halodoc.com/mencegah-dehidrasi-penting-saat-alami-infeksi-astrovirus
0 Komentar

Lokasi

Bagaimana Layanan Kami?

Puas
Cukup Puas
Tidak Puas
Ditingkatkan lagi
Other

Informasi