Kenali Sumber Karbohidrat yang Baik bagi Ibu Hamil

“Ibu hamil tidak hanya memerlukan makanan yang sehat, tetapi juga nutrisi yang tepat. Termasuk karbohidrat yang sangat penting untuk memenuhi asupan nutrisi harian ibu jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat.”

Banyak hal yang perlu ibu sesuaikan selama menjalani kehamilan, salah satunya adalah makanan dan nutrisi. Tentunya, ibu harus memenuhi kebutuhan nutrisi dari sumber makanan sehat yang tepat, termasuk sumber karbohidrat. 

Selain dapat menjaga kesehatan tubuh ibu selama hamil, makanan yang tepat dan nutrisi yang terpenuhi juga pastinya sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan. Alhasil, ibu dan janin akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang serius dan membahayakan. 

Berapa Asupan Karbohidrat Harian untuk Ibu Hamil?

Karbohidrat menjadi salah satu nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Hanya saja, ibu harus memperhatikan pilihan makanan sumber karbohidrat dan porsinya sehingga asupannya tidak berlebihan

Lalu, berapa asupan karbohidrat harian untuk ibu hamil? Setiap harinya, ibu hamil dan menyusui memerlukan setidaknya 175 sampai 210 gram karbohidrat, atau sekitar 45 sampai 65 persen dari total kebutuhan kalori harian tubuh. 

Seorang wanita sehat memerlukan kalori harian antara 1.600 sampai 2.400 kkal setiap hari. Namun, ketika hamil, kebutuhan ini tentunya akan lebih tinggi. Ibu dapat melihat panduan berikut ini. 

  • Ibu tidak memerlukan tambahan kalori saat usia kehamilan trimester pertama.
  • Memasuki trimester kedua, ibu memerlukan kalori tambahan sekitar 340 kalori setiap hari.
  • Ketika trimester ketiga, ibu membutuhkan tambahan kalori hingga 450 kalori setiap hari. 

Makanan Sumber Karbohidrat untuk Ibu Hamil

Saat sedang hamil, Ibu bisa memilih salah satu sumber karbohidrat yang baik dari beberapa rekomendasinya berikut ini.

1. Makanan dengan kandungan gula yang rendah

Pilihan pertama adalah makanan dengan gula rendah atau tidak sampai 10 persen dari total kalori harian. Sebab, asupan gula berlebih saat hamil bisa memicu berbagai masalah kesehatan pada ibu, seperti obesitas, diabetes gestasional, dan kerusakan pada gigi.

2. Gandum utuh sebagai sumber karbohidrat ibu hamil

Pilihan lainnya adalah gandum utuh yang memberikan nutrisi lebih optimal daripada gandum biasa. Selain karbohidrat, gandum utuh juga memiliki kandungan vitamin dan serat yang tidak kalah banyak manfaatnya untuk tubuh. Ibu bisa mengonsumsi sereal, oatmeal, atau roti gandum sebagai pilihan makanan sumber karbohidrat yang baik. 

3. Makanan tinggi serat

Adapun, sayur dan buah juga termasuk makanan sumber karbohidrat yang kaya akan kandungan seratnya. Karbohidrat pada jenis makanan tersebut berasal dari gula alami yang membuat keduanya lebih sehat dan bermanfaat. Jadi, jika ibu membutuhkan camilan sebelum waktu makan, buah dan sayur bisa menjadi pilihan terbaik. 

4. Sumber karbohidrat ibu hamil lainnya, kacang-kacangan

Selain itu, ada lagi kacang-kacangan yang memiliki kandungan nutrisi lengkap untuk ibu selama hamil. Makanan satu ini mengandung folat, zat besi, serat, lemak baik, magnesium, dan kalium. Bahkan, beberapa jenis kacang masuk dalam pilihan makanan sehat yang baik untuk meningkatkan produksi ASI menjelang kelahiran sang buah hati. 

5. Susu rendah lemak

Terakhir adalah susu dan beberapa produk turunannya, seperti yogurt dan keju. Namun, supaya tidak membuat ibu mengalami kenaikan berat badan selama hamil, pilih susu dengan kandungan lemak rendah. Tak lupa, pastikan ibu memilih susu yang sudah melalui proses pasteurisasi sehingga bebas bakteri dan kuman.

Itu tadi beberapa makanan sumber karbohidrat yang bisa ibu konsumsi selama kehamilan. Apabila memang perlu, ibu juga bisa memenuhi asupan nutrisi harian melalui vitamin dan suplemen.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Choose your carbs wisely.
Food Insight. Diakses pada 2023. Healthy Eating During Pregnancy.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Pregnancy Diet: Foods To Eat While Pregnant.
0 Komentar

Lokasi

Bagaimana Layanan Kami?

Puas
Cukup Puas
Tidak Puas
Ditingkatkan lagi
Other

Informasi