Waspada!! Ini Penyebab Gigi Hitam pada Anak

“Gigi hitam dapat membuat anak kesulitan untuk makan dan minum karena rasa sakitnya. Maka dari itu, sebelum terjadi, sebaiknya hindari berbagai penyebab dari masalah ini.”

Gigi yang menghitam pada anak dapat menjadi tanda jika bagian mulut tersebut mengalami kerusakan. Masalah ini dapat membuat kepercayaan diri anak menurun. Sebelum terjadi, setiap orangtua perlu menghindari berbagai penyebab gigi hitam.

Berbagai Penyebab Gigi Hitam pada Anak

Ada dua faktor yang dapat menjadi penyebab gangguan gigi anak ini, yaitu masalah dari permukaan luar atau dari dalam. Nah, berikut beberapa penyebab dari kedua faktor tersebut yang perlu diketahui:

1. Kurang Menjaga Kebersihan Gigi

Salah satu penyebab gigi hitam pada anak adalah tidak menyikat gigi secara rutin setiap harinya. Saat sisa-sisa makanan yang menempel di gigi dibiarkan, ini dapat menjadi tempat kuman untuk berkembang. Jika terus dibiarkan, kuman tersebut dapat membentuk plak dan akhirnya membuat gigi menghitam.

2. Terlalu Banyak Makan Manis

Kombinasi jarang menyikat gigi dan terlalu banyak konsumsi makanan manis juga dapat menyebabkan penghitaman pada gigi. Contoh beberapa makanan tersebut, seperti susu, soda, permen, kue, dan jus buah.

Bakteri yang hidup di mulut dapat mengubah makanan menjadi asam. Kombinasi antara bakteri, makanan, asam, serta air liur dapat menghasilkan plak pada gigi. Pada akhirnya asam tersebut menghancurkan email gigi dan membuat gigi berlubang atau juga menghitam.

3. Terbiasa Menyusu Menggunakan Botol

Anak yang dibiarkan menyusu melalui botol oleh orangtuanya juga berisiko untuk mengalami gigi hitam. Kebiasaan ini menyebabkan kerusakan pada gigi, disebut juga karies.

Kandungan gula yang terkandung pada susu dapat menempel pada gigi, jika terlalu lama dapat menyebabkan bakteri jahat berkembang. Akhirnya, gigi menghitam dan membusuk.

4. Cedera pada Gigi

Anak yang mengalami cedera pada gigi juga bisa mengalami penghitaman pada area yang mengalaminya. Hal ini bisa disebabkan oleh pendarahan di dalam gigi akibat trauma. Hal yang paling umum membuat anak mengalami kondisi ini adalah terjatuh saat bermain.

5. Konsumsi Obat Tertentu

Beberapa obat bayi bisa mengandung zat besi yang dapat menimbulkan noda pada gigi. Contohnya, dengan mengonsumsi antibiotik tetrasiklin selama kehamilan atau menyusui dapat membuat gigi pada bayi berubah berwarna, termasuk menghitam.

Untuk pengobatannya sendiri, tindakan yang dilakukan tergantung dari gejala, usia, hingga kondisi kesehatan. Hal ini juga tergantung pada seberapa parah kondisinya.

Umumnya, perawatan yang diperlukan adalah dengan mengangkat bagian gigi yang membusuk dan menggantinya dengan tambalan. Tindakan restorasi ini dapat memperbaiki berbagai kerusakan yang terjadi.

Sebagai orangtua, sebaiknya melakukan tindakan segera saat anak mengalami gigi hitam. Kerusakan yang terjadi mungkin saja bertambah parah, hingga anak bisa kesulitan untuk makan. Pastikan juga untuk melakukan pemeriksaan gigi secara rutin setiap tahunnya agar senyum anak terlihat menawan.

Referensi:
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2022. Tooth Decay (Caries or Cavities) in Children.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. My child’s baby teeth seem discolored. Should I be worried?
Young and Polite. Diakses pada 2022. What Does Black Tartar on My Child’s Teeth Mean?
https://www.halodoc.com/artikel/waspada-ini-5-penyebab-gigi-hitam-pada-anak
0 Komentar

Lokasi

Bagaimana Layanan Kami?

Puas
Cukup Puas
Tidak Puas
Ditingkatkan lagi
Other

Informasi