Ini Vitamin Otak yang Bisa Bantu Tingkatkan Fokus dan Daya Ingat

“Seiring dengan bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penurunan fungsi, tak terkecuali otak. Supaya hal ini tidak terjadi, lakukan pencegahan dengan mengonsumsi vitamin otak, yaitu vitamin E, D, B kompleks, dan omega-3.”

Penurunan fungsi tubuh, tidak terkecuali daya ingat menjadi proses alamiah yang terjadi seiring dengan usia yang semakin bertambah. Meski begitu, sebenarnya hal ini dapat kamu cegah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi yang otak perlukan. Selain dari makanan, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin otak.

Vitamin Otak yang Bantu Meningkatkan Fokus dan Daya Ingat

Memenuhi asupan nutrisi otak, tak terkecuali dalam bentuk vitamin, bisa membantu menurunkan risiko demensia dan penyakit neurologis lain yang membuat daya ingat berkurang atau menurun. 

Lalu, apa saja vitamin yang bisa membantu menjaga daya ingat dan konsentrasi? Berikut beberapa pilihannya:

1. Vitamin E

Vitamin E baik untuk otak karena kandungan antioksidan yang berperan sebagai pelindung sel saraf otak dari ancaman kerusakan. Selain itu, vitamin E juga dapat membantu meningkatkan daya ingat pada orang yang lebih tua. 

Meski begitu, pastikan kamu memperhatikan dosis konsumsinya. Normalnya, orang dewasa membutuhkan vitamin E sebanyak 1000 IU. Jika berlebihan, efeknya justru bisa meningkatkan risiko kanker prostat dan gangguan jantung.

2. Vitamin B kompleks (B6, B9, dan B12)

Jenis lain yang bisa membantu menjaga daya ingat dan konsentrasi adalah vitamin B kompleks, terutama B6, B9, dan B12. Vitamin B6 dapat mendukung kerja otak lebih optimal dalam mengolah informasi. 

Sementara itu, vitamin B9 atau asam folat menunjang pembentukan sel darah merah dan melancarkan suplai darah menuju otak. Kemudian, vitamin B12 berperan penting dalam menjaga otak dari potensi kerusakan saraf. 

Manfaat lain dari vitamin B12 termasuk menajamkan daya ingat dan mengurangi risiko terjadinya penurunan pada fungsi mental.

3. Omega-3

Omega-3 juga memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan otak dan mengurangi risiko munculnya penyakit Alzheimer. Kamu bisa mendapatkan nutrisi tersebut dari suplemen minyak ikan dan minyak sayur. 

4. Vitamin D

Vitamin D juga masuk dalam kelompok vitamin yang tidak boleh kamu lewatkan. Sebab, defisiensi vitamin ini bisa menyebabkan gangguan kemampuan otak dalam memproses memori dan menyerap informasi. Selain berjemur pada pagi hari, asupan vitamin D juga bisa kamu dapatkan melalui telur, ikan salmon, minyak ikan, dan ikan tuna. 

5. Vitamin otak : vitamin C

Terakhir ada vitamin C, jenis vitamin yang memiliki banyak fungsi penting untuk menunjang kerja tubuh, tidak terkecuali otak. Vitamin satu ini tidak hanya membantu meningkatkan imunitas tubuh dengan memerangi paparan radikal bebas, tetapi juga membantu menjaga kesehatan otak karena kandungan antioksidannya. 

Tidak hanya itu, vitamin C juga memberikan perlindungan pada otak dari risiko mengalami kerusakan dan penurunan bahkan hilangnya daya ingat pada seseorang. Ada banyak sekali makanan sumber vitamin C yang bisa kamu temui. Kandungan paling banyak terdapat pada buah dengan rasa asam seperti jeruk dan lemon. 

Itu tadi beberapa pilihan vitamin yang bisa membantu meningkatkan fokus dan daya ingat. Supaya dosisnya tepat, kamu bisa bertanya pada dokter sebelum menggunakannya. Jangan lupa untuk selalu rutin melakukan pemeriksaan medis, sehingga potensi penyakit bisa kamu deteksi lebih dini. 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Fortifying Your Memory With Supplement.
Scientific American. Diakses pada 2022. A Safe Drug to Boost Brainpower.
Healthline. Diakses pada 2022. Brain Vitamins: Can Vitamins Boost Memory?
https://www.halodoc.com/artikel/ini-vitamin-otak-yang-bisa-bantu-tingkatkan-fokus-dan-daya-ingat
0 Komentar

Lokasi

Bagaimana Layanan Kami?

Puas
Cukup Puas
Tidak Puas
Ditingkatkan lagi
Other

Informasi