Ini Manfaat Melakukan Rontgen Gigi Panoramic

“Rontgen gigi panoramic bermanfaat untuk membantu dokter mendiagnosis gangguan kesehatan pada gigi. Selain itu, pemeriksaan ini bisa melihat kondisi gigi secara detail.”

Rontgen gigi panoramic adalah pemeriksaan rontgen gigi dengan dua dimensi untuk mendapatkan gambaran seluruh bagian mulut dalam satu gambar. Hal ini termasuk gigi, rahang atas, rahang bawah, struktur, hingga jaringan yang ada di sekitarnya. 

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah melakukan rontgen gigi panoramic. Misalnya, dokter mampu mendiagnosis penyebab gangguan kesehatan pada gigi dan mulut yang kamu alami. Yuk, simak ulasan lebih banyak mengenai manfaat melakukan rontgen gigi panoramic berikut ini!

Manfaat Rontgen Gigi Panoramic

Tidak seperti jenis rontgen gigi lainnya yang hanya dapat menangkap satu bagian dalam satu gambar, rontgen jenis ini bisa menangkap seluruh bagian mulut dalam gambar tunggal. Istilah medis untuk pemeriksaan ini adalah orthopantomogram.

Dengan melakukan pemeriksaan ini, dokter akan lebih mudah menilai kondisi kesehatan gigi dan mulut, serta  mendiagnosis penyakit yang kamu alami seputar kesehatan gigi. 

Pemeriksaan ini juga dapat melihat kondisi gigi secara detail. Dengan begitu, dokter bisa memberikan pilihan mengenai perawatan yang perlu kamu jalankan dan biaya yang kamu butuhkan untuk perawatan.

Selain itu, ada berbagai manfaat lainnya dengan melakukan rontgen gigi ini, seperti:

  • Tidak ada radiasi yang tersisa pada tubuh setelah melakukan pemeriksaan ini.
  • Tidak ada efek samping yang kamu alami setelah melakukan rontgen gigi.
  • Mampu memberikan informasi dengan lebih detail mengenai penyakit yang kamu alami.
  • Memastikan perawatan yang sesuai dan tepat untuk gigi.
  • Bisa digunakan oleh anak-anak.

Penyakit yang Bisa Dideteksi dengan Rontgen Jenis Ini

Pemeriksaan ini membantu dokter gigi dalam mendiagnosis segala penyakit yang membuat kamu merasa tidak nyaman. Berikut penyakit yang bisa dideteksi dengan menggunakan pemeriksaan ini:

  • Kerusakan Gigi. Adanya gigi yang rusak dapat langsung terlihat dengan menggunakan pemeriksaan ini. Terutama kerusakan yang sulit terlihat, seperti di bawah tambalan hingga diantara dua gigi.
  • Infeksi Gigi. Adanya infeksi gigi juga bisa terlihat melalui pemeriksaan ini, termasuk infeksi pada ujung akar gigi atau di bawah garis gusi.
  • Kondisi Gigi Bungsu. Jika gigi bungsu atau wisdom teeth belum muncul, maka gigi tersebut bisa terlihat menggunakan pemeriksaan ini.
  • Pengeroposan Tulang. Pengeroposan tulang pada rahang karena adanya penyakit gusi atau gigi yang hilang.
  • Tumor. Munculnya tumor biasanya terkait dengan penyakit kanker rahang atau kanker mulut.

Selain itu, rontgen gigi panoramic juga bisa dilakukan untuk mengetahui struktur mulut dan gigi untuk membantu persiapan beberapa tindakan, seperti implan gigi, kawat gigi, gigi palsu, hingga prosedur lainnya.

Prosedur Rontgen Gigi Panoramic 

Pemeriksaan ini tidak memerlukan persiapan khusus. Namun, kamu akan diminta untuk melepaskan perhiasan, kacamata, atau benda logam lainnya yang dapat membuat hasil pemeriksaan tidak maksimal.

Kamu juga akan diminta untuk menggunakan pakaian khusus yang bisa mencegah paparan radiasi pada tubuh. Kemudian, kamu akan menggigit alat khusus untuk membuka mulut agar pemeriksaan bisa berhasil.

Pengambilan foto rontgen hanya membutuhkan waktu beberapa detik. Kamu juga akan diminta untuk diam saat pengambilan foto. Pemeriksaan ini sangat aman untuk dilakukan. Dokter juga akan meminta kamu untuk melakukan rontgen gigi panoramic tiap 6-24 bulan sekali sesuai dengan permasalahan gigi yang kamu alami.

Referensi:
Dentaly. Diakses pada 2022. Dental Panoramic X-ray: Cost, Procedure And What to Expect.
Radiology Info. Diakses pada 2022. Panoramic Dental X-Ray.
https://www.halodoc.com/artikel/ini-manfaat-melakukan-rontgen-gigi-panoramic
0 Komentar

Lokasi

Bagaimana Layanan Kami?

Puas
Cukup Puas
Tidak Puas
Ditingkatkan lagi
Other

Informasi