Calon Ibu, Ini Rekomendasi Makanan agar Lekas Hamil

“Menjaga pola makan dan memenuhi asupan nutrisi harian menjadi hal penting yang perlu kamu ketahui untuk meningkatkan kesuburan. Kamu bisa mulai mengonsumsi beberapa makanan agar lekas hamil seperti ikan dan produk olahan susu.”

Tubuh memerlukan nutrisi yang cukup untuk bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Tidak hanya asupan seperti protein, lemak, dan karbohidrat, tubuh juga perlu nutrisi mikro seperti serat, vitamin, dan mineral. Selain memastikan tubuh tetap sehat, nutrisi tersebut juga penting untuk ibu yang berencana hamil.

Makanan agar Lekas Hamil yang Dapat Meningkatkan Kesuburan

Lalu, apa saja makanan agar lekas hamil yang bisa kamu konsumsi ketika sedang merencanakan kehamilan? Berikut beberapa pilihannya:

1. Ikan

Ikan menjadi rekomendasi pertama makanan agar lekas hamil yang bisa kamu konsumsi. Makanan sehat tinggi protein ini juga mengandung asam lemak omega-3 yang bisa membantu kerja organ reproduksi lebih optimal. Beberapa jenis ikan yang cocok untuk meningkatkan kesuburan yaitu ikan tuna, sarden, dan salmon.

2. Protein nabati dan hewani

Selanjutnya, makanan yang masuk dalam protein nabati maupun hewani. Pilihan untuk protein hewani yang dapat kamu konsumsi adalah daging yang kaya kandungan zat besi. 

Sementara itu, makanan sumber protein nabati yang menjadi rekomendasi adalah kacang tanah atau kacang polong. Meski begitu, pastikan kamu tidak mengonsumsi daging merah dalam porsi yang berlebihan. 

3. Susu dan produk olahannya

Susu dan berbagai produk olahannya juga masuk dalam kelompok makanan agar lekas hamil. Ini termasuk keju dan yogurt. Memasukkan berbagai produk susu dan olahannya sebagai menu sehat sebelum hamil tidak hanya membuat tulang lebih sehat, tetapi juga berpotensi mendukung kesehatan sistem reproduksi.

Meski begitu, pastikan kamu memiliki susu dan produk turunannya yang memiliki kandungan lemak yang rendah atau tidak mengandung lemak sama sekali. Sebab, obesitas atau kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko penurunan kesuburan. 

4. Makanan tinggi kandungan asam folat

Asam folat menjadi nutrisi yang wajib kamu penuhi ketika sedang berencana hamil atau menjalani fase kehamilan. Nutrisi satu ini membantu mengurangi risiko autis pada bayi hingga 40 persen berdasarkan hasil penelitian. 

Tak hanya itu, asam folat juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kesuburan. Kamu bisa mendapatkan asam folat dengan mengonsumsi kentang, brokoli, bayam, alpukat, pepaya, kacang-kacangan, dan sereal.

5. Buah-buahan

Jangan sampai lupa buah-buahan yang turut masuk dalam kategori makanan agar lekas hamil. Ada banyak sekali jenis buah yang bisa kamu jumpai, tetapi pilihlah buah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. 

Misalnya, golongan buah beri (blueberry, raspberry, dan stroberi). Antioksidan yang terdapat dalam buah tersebut bisa melindungi tubuh dari ancaman penuaan dan kerusakan sel, tak terkecuali sel yang terdapat pada sistem reproduksi.

6. Makanan dengan kandungan zinc

Selain asam folat, zinc juga menjadi nutrisi yang tak kalah pentingnya untuk tubuh. Nutrisi ini membantu meningkatkan pembentukan sel telur dengan kualitas terbaik dan membantu membuat siklus menstruasi menjadi lebih lancar. Adapun makanan yang memiliki kandungan zinc tinggi seperti ayam, telur, daging sapi, bijian utuh, tiram, dan produk susu.

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2022. Foods That Make You Fertile.
Baby Centre. Diakses pada 2022. How to eat when you’re trying to conceive. 
Parents. Diakses pada 2022. Foods That Can Help You Get Pregnant.
https://www.halodoc.com/artikel/calon-ibu-ini-rekomendasi-makanan-agar-lekas-hamil
0 Komentar

Lokasi

Bagaimana Layanan Kami?

Puas
Cukup Puas
Tidak Puas
Ditingkatkan lagi
Other

Informasi