Penyakit yang Jadi Penyebab Darah Rendah pada Remaja

“Darah rendah juga berisiko terjadi pada remaja dan usia remaja. Penyebab kondisi ini bisa banyak hal, mulai dari dehidrasi, gangguan jantung, sistem endokrin, infeksi, hingga alergi.”

Hipotensi atau tekanan darah rendah menunjukkan kondisi ketika tekanan darah pada tubuh berada pada kisaran lebih rendah dari normal, atau lebih rendah dari angka 90/60. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja. Penyebab darah rendah pada remaja sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kondisi yang terjadi pada orang dewasa. 

Hipotensi bisa terjadi dalam bentuk gangguan kesehatan sendiri atau menunjukkan gejala dari masalah kesehatan lainnya. Ketika mengalir lewat pembuluh darah arteri, darah akan memberikan tekanan ke bagian dinding arteri. Tekanan inilah yang selanjutnya menjadi ukuran seberapa kuat aliran darah atau tekanan darah. 

Apabila tekanan darah pada tubuh terlalu rendah, hal ini dapat membuat aliran darah yang menuju ke otak maupun organ tubuh lain menjadi berkurang. Inilah sebabnya, orang-orang dengan kondisi hipotensi akan merasa pusing, linglung atau tidak stabil, hingga kehilangan kesadaran

Penyebab Tekanan Darah Rendah pada Remaja

Ada beberapa kondisi yang menjadi penyebab tekanan darah pada remaja, antara lain:

1. Dehidrasi

Penyebab pertama adalah dehidrasi. Tak hanya membuat tekanan darah menjadi lebih rendah, dehidrasi juga membuat tubuh kamu menjadi lebih mudah lelah, lemah, lesu, dan kepala terasa pusing. 

Inilah sebabnya, kamu harus memastikan bahwa tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup setiap harinya. Terlebih saat kamu sedang melakukan banyak aktivitas, usai melakukan latihan fisik dengan intensitas berat, atau mengalami diare, muntah, serta demam. 

2. Gangguan jantung

Selain dehidrasi, gangguan kesehatan pada organ jantung juga dapat menjadi penyebab tekanan darah rendah pada remaja. Ini termasuk brakikardia atau detak jantung menjadi lebih lambat, serangan jantung, gangguan katup jantung, dan gagal jantung. 

Kondisi ini tentu saja memerlukan pemeriksaan lebih lanjut dan secara intensif oleh dokter. Ini supaya dokter bisa mengetahui gangguan jantung mana yang memicu tekanan darah pada rendah pada usia remaja.

3. Masalah pada sistem endokrin

Beberapa gangguan kesehatan yang terjadi karena gangguan endokrin juga memiliki peran dalam menyebabkan remaja mengalami tekanan darah rendah. Kondisi ini termasuk penyakit Addison, diabetes, hipoglikemia atau gula darah yang rendah, hingga masalah pada paratiroid.

4. Alergi dan infeksi

Penyebab tekanan darah rendah pada remaja juga dapat terjadi karena infeksi berat, bahkan kondisi tersebut bisa sangat membahayakan nyawa. Kondisi ini muncul karena apa yang menjadi penyebab infeksi memasuki aliran darah, kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya atau memiliki sebutan sepsis.

Tak berbeda dengan anafilaksis atau reaksi alergi berat. Reaksi ini dapat terjadi karena menjalani prosedur pengobatan tertentu, terkena paparan racun, bisa ular, atau konsumsi makanan tertentu. Berbagai kondisi tersebut dapat mengakibatkan berbagai gejala, salah satunya adalah penurunan tekanan darah secara signifikan.

5. Mengalami kehilangan banyak darah

Kondisi seperti perdarahan ketika mengalami menstruasi atau kecelakaan pun dapat membuat tekanan darah menjadi menurun. Ini karena tubuh mengalami kehilangan banyak darah. Pastinya, kamu perlu waspada karena salah satu komplikasi yang mungkin terjadi adalah tekanan darah rendah yang parah. 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Low Blood Pressure (Hypotension).
Focus on Kids Pediatrics. Diakses pada 2022. High & Low Blood Pressure in Kids.
Children’s Health. Diakses pada 2022. Pediatric Low Blood Pressure (Hypotension).
https://www.halodoc.com/artikel/ini-5-penyakit-yang-jadi-penyebab-darah-rendah-pada-remaja

0 Komentar

Lokasi

Bagaimana Layanan Kami?

Puas
Cukup Puas
Tidak Puas
Ditingkatkan lagi
Other

Informasi