Vaksin Internasional untuk Jamaah Haji dan Umroh Serta Sertifikat Vaksinasi Internasional (ICV : International Certificate of Vaccination) | RS PKU MUHAMMADIYAH MAYONG

Vaksin Internasional untuk Jamaah Haji dan Umroh Serta Sertifikat Vaksinasi Internasional (ICV : International Certificate of Vaccination) | RS PKU MUHAMMADIYAH MAYONG

 

RS PKU Muhammadiyah Mayong telah di percaya melaksanakan dan menyediakan pelayanan vaksin internasional untuk Haji, Umroh, Pelayaran, Pendidikan, Bekerja di luar negeri dan Liburan. Layanan Vaksinasi haji dan Umroh dibutuhkan untuk Anda yang ingin melaksanakan ibadah haji atau umroh. Jemaah haji dan umroh atau orang-orang yang bekerja di daerah haji dari negara manapun diwajibkan untuk menyertakan sertifikat vaksin Meningitis atau vaksin haji. Sertifikat tersebut menerangkan bahwa jemaah haji dan umroh telah melakukan vaksin Meningitis Meningokokus minimal 14 hari sebelum datang di Arab Saudi.

Menurut WHO (World Health Organization), Arab Saudi merupakan Yellow Fever Risk Areas yang berarti memiliki potensi tinggi untuk menularkan penyakit demam kuning atau Meningitis pada orang-orang di daerahnya. Dengan melakukan vaksin ini, jemaah haji dan umrah akan terlindung dari penularan penyakit Meningitis selama 3 tahun. Vaksin ini juga dapat mencegah penularan antara jemaah haji dari seluruh dunia hingga jemaah kembali ke tanah air.

Vaksin Meningitis atau Vaksin Haji Dilakukan untuk Mencegah Penyakit Meningitis

Penyakit Meningitis adalah pembengkakan dari membran yang mengitari otak serta sumsum tulang belakang. Gejala-gejala seseorang mengalami Meningitis diantaranya seperti pusing, demam, serta leher yang kaku. Penyakit Meningitis menyerang selaput otak dan dapat disembuhkan dengan antibiotik. Untuk beberapa kasus, Meningitis dapat menimbulkan cacat bahkan kematian.

Penyakit Meningitis dapat ditularkan melalui penyebaran bakteri serta virus. Penularan terjadi dalam percikan cairan hidung dan tenggorokan yang terciprat saat batuk atau bersin dari penderita Meningitis.

Segeralah mencari penanganan medis apabila Anda atau orang-orang terdekat Anda mungkin menderita penyakit Meningitis. RS PKU Muhammadiyah Mayong menyediakan Dokter Spesialis Saraf untuk melayani penderita Meningitis.

Sertifikat atau Buku Kuning

Sebagai bukti pemberian imunisasi, diterbitkanlah International Certificate of Vaccination (ICV). Sertifikat Vaksinasi Internasional (ICV, International Certificate of Vaccination) atau disebut juga buku kuning adalah surat keterangan yang menyatakan bahwa seseorang telah mendapatkan vaksinasi dan/atau profilaksis yang diperlukan untuk perjalanan internasional tertentu.

Sertifikat Vaksinasi Internasional dilengkapi dengan nomor seri yang bersifat nasional, barcode, lambang WHO, hologram bakti husada, berbahasa Inggris dan Perancis, dan memiliki security printing. Setiap orang yang akan melakukan perjalanan internasional dari dan ke negara terjangkit dan/atau endemis penyakit menular tertentu dan/atau atas permintaan negara tujuan wajib diberikan vaksinasi tertentu sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Setiap orang yang berangkat ke negara terjangkit atau endemis penyakit menular tertentu dan tidak dapat menunjukkan Sertifikat Vaksinasi Internasional, atau Sertifikat Vaksinasi Internasional yang ditunjukkan tidak valid, maka harus dilakukan Vaksinasi dan/atau Profilaksis,  penundaan  keberangkatan,   dan   penerbitan    Sertifikat    Vaksinasi    Internasional.

Profilaksis dan penerbitan Sertifikat Vaksinasi Internasional dan/atau surat keterangan kontra indikasi. Setiap orang yang datang dari negara terjangkit dan/atau endemis penyakit menular tertentu tidak dapat menunjukkan Sertifikat Vaksinasi Internasional, atau Sertifikat Vaksinasi Internasional yang ditunjukkan tidak valid, maka dilakukan karantina sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Tempat Pelayanan Vaksinasi Haji dan Umroh

Vaksinasi Meningitis untuk Jemaah Umrah selain dilakukan di KKP dapat dilakukan di rumah sakit yang ditunjuk sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku; dan RS Muhammadiyah Mayong merupakan salah satunya.

Vaksinasi dilakukan oleh dokter yang telah memiliki surat izin praktik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Vaksinasi sebagaimana dilakukan berdasarkan standar profesi, standar pelayanan, standar prosedur operasional pemberian-sertifikat vaksinasi internasional haji dan umroh dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Syarat Vaksinasi Haji dan Umroh di PKU Muhammadiyah Mayong

  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy Parport
  • Kondisi Prima/tidak sedang hamil
  • Mengisi formulir Informed Consent Vaksin

 

Referensi :
Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 23 Tahun 2018 tentang Pelayanan dan Penerbitan Sertifikat Vaksinasi Internasional.
Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 12 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Imunisasi.

Informasi lebih lanjut mengenai RS PKU Muhammadiyah Mayong dapat menghubungi :

 

0 Komentar

42 + = 49

Lokasi

Bagaimana Layanan Kami?

Puas
Cukup Puas
Tidak Puas
Ditingkatkan lagi
Other