Menkes Nila Singgung Kebiasaan Merokok Menteri Susi

Jakarta, Menteri Kesehatan Prof Nila Moeloek, SpM(K) menjadi salah satu pembicara dalam acara Gebyar R‎emaja Indonesia Peduli HIV-AIDS. Dalam perbincangan dengan para remaja peserta, Menkes Nila berulang kali mengingatkan remaja untuk menjauhi rokok.

Dalam kesempatan tersebut, Menkes Nila menyinggung soal Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti yang sudah mau berhenti merokok setelah bertemu dengannya. Atas hal tersebut, Menkes Nila mengaku mendapat ucapan terima kasih dari anak Menteri Susi, Nadine Kaiser.

“Tahu kan Menteri Susi? Setelah bertemu saya beliau mengatakan akan berhenti merokok. Setelah itu anaknya mengucapkan terima kasih kepada saya karena sudah berhasil membujuk ibunya berhenti merokok. Katanya berhenti merokok bukan buat siapa-siapa tapi buat dirinya juga,” ungkap Menkes Nila yang disambut tepuk tangan para peserta, dalam acara Gebyar R‎emaja Indonesia Peduli HIV-AIDS, di Kampus Universitas Negeri Jakarta, Jl Rawamangun Muka, Rawamangun, Jakarta Timur, seperti ditulis Sabtu (13/12/2014).

Menkes Nila juga memanggil salah satu peserta untuk maju ke depan. Peserta yang diketahui merupakan siswa SMKN 1 Jakarta tersebut ditanya soal kebiasaan merokoknya.

“Kamu merokok nggak?” tanya Menkes Nila.

“Nggak Bu,” jawab si peserta.

“Yang bener?” tanya Menkes Nila.
“Bener Bu. Dulu ngerokok cuma sudah berhenti,” jawab si peserta disambut tawa peserta lainnya.

‎Menkes Nila mengatakan bahwa merokok merupakan gerbang pertama sebelum akhirnya menjadi pengguna narkoba dan zat adiktif lainnya (Napza). Ia juga menceritakan pengalamannya ketika mengunjungi Lapas Narkotika di Cipinang.

Dikatakannya bahwa menurut pengakuan para penghuni Lapas, mereka semuanya adalah perokok. Akhirnya kenal Narkoba dan mulai coba-coba merokok.

“Makanya saya berkali-kali sampaikan, jangan merokok. Sedih liatnya para penghuni Lapas itu masih pada muda-muda, seumuran kalian,” tandas Menkes Nila lagi.