Kisah Sophie, Kehilangan 2 Bayinya yang Baru Lahir Gara-gara Rokok

Northumberland , Berhenti dari kebiasaan merokok memang tidak mudah. Tapi bagi Sophie Jones (31), pengalaman kehilangan kedua anaknya mendorong dia untuk bisa berhenti dari kebiasaan ‘ngebulnya’.

Sophie mengisahkan, pada tahun 2006 ia kehilangan putranya yang bernama Frankie akibat Sudden Infant Death Syndrome (SIDS). Kala itu, SIDS yang dialami Frankie saat berusia 4 hari diduga kuat terpengaruh dari kebiasaan merokok Sophie. Di tahun 2011, Sophie kembali hamil.

Namun, saat itu ia masih tetap merokok. Lagi-lagi, tak lama setelah si kecil Korey lahir, bayi itu pun meninggal. Dokter mengatakan lemahnya kondisi Korey karena kebiasaan merokok sang ibu yang mengakibatkan asupan nutrisi dan oksigen ke plasenta terhambat zat-zat pada rokok.

“Kehilangan dua anak merupakan penyesalan bagi saya dan itu semua karena kebiasaan merokok saya yang bisa mencapai 25 batang sehari. Saya memang tidak begitu tahu keseluruhan efek negatif dari merokok,” kisah Sophie, dikutip dari berbagai sumber, Minggu (7/12/2014).

Sophie mengira efek merokok hanya membuat bayinya lahir dengan berat badan rendah saja. Nyatanya, kebiasaan merokok ternyata bisa merenggut kedua anaknya. Maka dari itu, saat ini wanita yang tengah hamil 20 minggu itu berhenti merokok demi menyelamatkan buah hatinya.

Untuk membantunya berhenti merokok, Sophie meminta bantuan konseling dan terapi dari Northumberland Stop Smoking Service. Perlahan tapi pasti, Sophie mulai bisa bebas dari rokok. Keberhasilannya ini pun membuat suami dan ketiga anaknya bangga. Bahkan, Sophie senang karena ia bisa menabung lebih banyak uang untuk keperluan anak keenamnya kelak.

“Saya mengimbau kepada para wanita perokok untuk segera menghentikan kebiasaannya sebelum Anda merasakan apa yang saya alami. Kehilangan anak yang kita cintai sangatlah menyakitkan,” pesan Sophie.

Sementara itu, Connie Reardon dari Northumberland Stop Smoking Service sangat mengapresiasi langkah Sophie. Ia juga menekankan bahwa merokok sangatlah berbahaya bagi ibu hamil dan bahkan bayinya yang belum lahir. Meski berhenti merokok tak mudah, Connie yakin dengan kemauan yang besar, pecandu rokok puluhan tahun pun pasti bisa lepas dari kebiasaan ngebul.