BAKTI SOSIAL DONOR DARAH DI RS PKU MUHAMMADIYAH MAYONG

Kegiatan donor darah di RS PKU Muhammadiyah Mayong bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Transfusi Darah Kabupaten Jepara. Kamis (17/3/2022)

Berdasarkan peraturan Pemerintah N0. 7/ 2011 tentang Pelayanan Darah menyebutkan penyelenggaraan donor darah dan pengolahan darah dilakukan oleh Unit Donor Darah (UDD) yang diselenggarakan oleh organisasi sosial dengan tugas pokok dan fungsinya di bidang Kepalangmerahan atau dalam hal ini Palang Merah Indonesia (PMI).

Menurut website PMI, mendonorkan darah secara rutin setiap tiga bulan sekali, akan membuat tubuh terpacu memproduksi sel-sel darah baru, sedangkan fungsi sel-sel darah merah adalah untuk oksigenisasi dan mengangkut sari-sari makanan. Dengan demikian fungsi darah menjadi lebih baik sehingga donor menjadi sehat. Selain itu, kesehatan pendonor akan selalu terpantau karena setiap kali donor dilakukan pemeriksaan kesehatan sederhana dan pemeriksaan uji saring darah terhadap infeksi yang dapat ditularkan lewat darah.

Di tengah meningkatnya kebutuhan darah di Indonesia, tingkat kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah juga semakin meningkat, kepedulian karyawan RS PKU Muhammadiyah Mayong serta Masyarakat sekitar bahwa donor darah itu menyehatkan dan bermanfaat bagi orang lain cukup tinggi, hal ini dapat dilihat dari antusiasme para karyawan dan masyarakat sekitar mengikuti acara donor darah yang diselenggarakan. Acara donor darah yang diselenggarakan oleh panitia dimulai pukul 09.00 WIB berlangsung sangat kondusif. Tim panitia donor darah berharap  kegiatan ini bisa terus dilaksanakan secara konsisten. Mudah – mudahan sedikit kepedulian ini dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Informasi lebih lanjut mengenai RS PKU Muhammadiyah Mayong dapat menghubungi :

 

 

 

0 Komentar

7 + 2 =

Lokasi

Bagaimana Layanan Kami?

Puas
Cukup Puas
Tidak Puas
Ditingkatkan lagi
Other